Kamis, 17 Oktober 2013

Seandainya saya jadi mentri koperasi





Koperasi merupakan badan usaha,yang bisa menghimpun unit usaha kecil disektor pertanian dan industry kecil dalam satu wilaya.
Seperti diperlihatkan dalam proses kelahiran dan perkembangan nya,koperasi memang hadir untuk meningkatkan kemampuan ekonomi masyarakat  kelas bawah  Robert owen di inggris(1791-1858)adalah seorang pencetus gagasan koperasi kali petama di dunia, yang sekaligus  mempraktikan gagasannya untuk mengatasi masalah ekonomi.
Di Indonesia  ide ide perkoperasian diperkenalkan oleh, R. Aria Wiraatmadja yang pada tahun 1896 yang mendirikan sebuah Bank untuk para Pegawai Negeri. Karena semangat yang tinggi perkoperasian pun selanjutnya diteruskan oleh De Wolffvan Westerrode, Pada tahun 1908, Dr. Sutomo mendirikan Budi Utomo . Dr Sutomo sangat memiliki peranan bagi garakan koperasi untuk memperbaiki dan mensejahtrakan kehidupan rakyat. Pada tahun 1915 dibuat peraturan-peraturan Verordening op de Cooperatieve Vereeniging dan pada tahun 1927 Regeling Inlandschhe Cooperatiev. Pada tahun 1927 dibentuklah Serikat Dagang Islam. Dengan tujuan untuk memperjuangkan kedudukan ekonomi para pengusah-pengusaha pribumi. pada tahun 1929 berdiri Partai Nasional Indonesia yang memberikan dan memperjuangkan semangat untuk penyebaran koperasi di Indonesia. Pada tahun 1942 negara Jepang menduduki Indonesia.lalu di dirikan koperasi yang diberi nama koperasi kumiyai.
Tugas utama kementrian koperasi : Membantu Presiden dalam merumuskan kebijakan dan  kordinasi di bidang koperasi dan usaha kecil dan menengah .

Seandainya saya jadi mentri koperasi
Pertama : yang saya lakukan menentukan visi dan misi yang sesuai dengan kondisi koperasi di Indonesia
Kedua : saya akan membenahi di sisi Sumber daya manusia(sdm).sebab,masih banyak masyarakat kecil yang tidak tahu menahu apa itu fungsi koperasi sesungguhnya jangan sampai kaum elite politik memanfaatkan fungsi koperasi seperti korupsi.
Ketiga: saya akan mensosialisasikan apa itu koperasi ke seluruh wilaya Indonesia secara merata
Yang ke empat: saya akan mengawasi secara ketat koperasi di setiap wilayanya.Agar tidak ada yang berani melakukan kecurangan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar