Kamis, 23 Januari 2014

Siapkah koperasi Indonesia mengahadapi era globalisasi?



Apasih Globalisasi?
            Kata globalisasi sangat sering didengar, apalagi masalah perdagangan internasional karena era globalisasi masuk ke Indonesia salah satunya melalui perdagangan bebas. Era globalisasi tidak hanya menyerang Indonesia, tetapi seluruh Negara seantera jagat. Berbagai kesepakatan seperti kerjasama, perjanjian multilateral, berbagai kelompok negara maju dan berkembang, penyatuan mata uang, dan lain-lain, merupakan suatu wujud dari lintas batas geografis-regional menuju pada kepentingan ekonomi internasional yang tak terhindarkan.
            Kata “Globalisasi” berasal dari kata global yang berarti universal. Secara umum globalisasi dapat diartikan proses interaksi antar individu, antarkelompok, dan antarbangsa yang saling bergantung dan mempengaruhi satu sama lain yang melintasi batas Negara.

Kembali ke pokok bahasan, Siapkah koperasi Indonesia mengahadapi era globalisasi? Jika ditanya kesiapan dari koperasi itu sendiri dalam menghadapi era globalisasi mungkin bukanlah hal yang mudah namun juga bukanlah hal yang tidak mungkin juga hal itu diwujudkan, semuanya tertantung bagaimanakah system koperasi itu sendiri terjalankan di masa sekarang agar nantinya keberadaan koperasi akan terus ada dan diharapkan dapat berkembang dalam menghadapi perkembangan zaman yang selalu berkembang setaiap saatnya. Segala sesuatunya membutuhkan niat yang kuat untuk terus dapat memperbaiki system yang ada didalam koperasi itu sendiri, jika system sudah berjalan sesuai prosedur atau peraturan yang ada, diharapkan koperasi terlebih dahulu meningkatkan lagi konsistensinya agar koperasi itu sendiri dapat tersebar dan berdiri secara menyeluruh dan merata di Indonesia. Dan jika konsistensi koperasi ini sendiri sudah meningkat maka untuk bertahan didalam kondisi perkembangan zaman pun  keberadaannya tidak akan sulit ditemukan.
            Jika system koperasi lebih baik lagi dan konsistensinya pun sudah menyebar secara merata di Indonesia, bukanlah hal yang sulit lagi untuk koperasi bertahan didalam era globalisasi. Kendala lain dalam mengahadpi era globalisasi ini adalah perlunya peningkatkan kualitas sumber daya manusia yang ada di dalam koperasi, penguasaan teknologi diharpakan sudah bukan hal yang tabu lagi atau dengan kata lain penguasaan teknologi itu sendiri dimiliki oleh setiap sumber daya manusia didalam koperasi. Peningkatan system koputerisasi perlu diadakan, dimaksudkan dengan tujuan agar para pegawai sudah terbiasa menggunakan alat teknologi dalam menjalankan pekerjaan, jadi kesiapan tenaga kerja dalam mengahadapi perkembangan teknologi sudah tidak usah diragukan lagi jika system komputerasi dapat dijalankan.
            Koperasi sendiri merupakan organisasi yang sudah sangat lama sekali terbentuk, dengan usia nya yang semakin bertambah dan pengalaman yang tentunya sudah sangat banyak diharapkan pelayanan dan kinerja didalam system koperasi akan terus semakin baik pula. Jika semakin baik tentunya diimbangi dengan system yang dijalankan dengan jujur maka tingkat kepercayaan masyarakat akan semakin meningkat, jika masyarakat itu sendiri sudah mempunyai kepercayaan yang penuh terhadap koperasi maka jalannya koperasi untuk terus bertahan pun akan semakin lancar dan membuat koperasi dalam menghadapi era globalisasi akan semakin percaya diri untuk terus bertahan dan mengembangkan terus kinerjanya.
            Dengan sudah ada banyaknya pengalaman yang dimiliki organisasi koperasi, tentunya dalam menghadapi kendala-kendala yang ada didalam system harusnya bukanlah menjadi hal yang terlalu sulit, jika adanya kinerja yang teryus ditingkatkan, jujur dan transparan maka kendala tersebut  harusnya akan dapat diatasi dengan dengan mudah. Kendala-kendala tersebut harus cepat diatasi karena merupakan suatu hal yang dapat menhambat perkembangan dari koperasi itu sendiri.
            Perbaikan system, konsistensi yang  merata, perbaikan kualitas sumber daya manusia merupakan beberapa hal yang memang perlu ditingkatkan. Seperti yang sudah dijelaskan tadi, ketiga hal tersebut haruslah diditingkatkan secara serius dan ditangani dengan professional. Hal ini sangat perlu dilakukan karena hal tersebut demi kebaikan koperasi itu sendiri dalam menghadapi era globalisasi yang akan semakin modern lagi kedepannya. Karena perkembangan zaman bukanlah sesuatu yang bisa diabaikan apalagi dihindari, tetapi hanya perlu dijalani dan dilewati dengan seksama dan penyesesuaian yang tepat agar kita tidak tertiggal dengan zaman yang semakin modern ini. Jika system koperasi lebih modern tentunya masyarakat modern pun tidak akan enggan untuk bergabung didalam koperasi.
            Masyarakat yang akan semakin modern menuntut koperasi dapat terus meingkatkan modernisasi pula agar dapat menyesuaikan dengan masyarakat itu sendiri agar koperasi tidak diabaikan atau dengan kata lain dianggap sebelah mata karena sistemnya yang belum modern. Hal ini menuntut koperasi agar tidak berhenti pula dalam mengembangkan system kearah yang lebih modern lagi dan dapat memanfaatkan atau menggunakan teknologi yang sudah ada. Semua ini dilakukan tentunya untuk meningkatkan kualitas koperasi agar terus dapat mendapatkan perhatian dari masyarakat secara menyeluruh. Menyeluruh sendiri dapat diartikan dengan kata lain modernisasi dari koperasi ini sendiri dapat dilakukan atau dilaksanakan secara merata atau tersebar ke seluruh koperasi di Indonesia.
             Sistem koperasi yang lebih modern juga diharapkan dapat mempermudah masyarakat dalam melaksanakan atau menjalani keanggotaannya dikoperasi itu sendiri. Siapa yang tidak suka dengan cara yang mudah bukan? Tentunya masyarakat atau anggota koperasi akan lebih nyaman lagi dalam melaksanakan atau turut serta dalam organisasi atau lembaga koperasi ini. Dengan keadaan yang serba mudah karena modern maka kemungkinan bertambahnya anggota koperasi pun bukanlah hal yang tidak mungkin lagi.
Dari seluruh pembahasan yang telah saya sampaikan diatas dapat disimpulakan jika kesiapan koperasi menghadapi era globalisasi ini tergantung kepada bagaimanakah pengurus atau pihak yang berkepentingan didalam koperasi itu sendiri dalam menangani kendala yang ada dan bagaimana cara atau langkah-langkah yang harus ditempuh dalam tujuan untuk mengembangkan koperasi ke system yang lebih modern, dengan cara-cara seperti perbaikan system koperasi itu sendiri agar dapat menjadi system yang lebih modern, konsistensi yang diharapkan koperasi dapat berada secara merata atau menyeluruh diseluruh bagian di Indonesia, dan peningkatan kualitas sumber daya manusia yang dapat atau terbiasa menggunakan teknologi yang ada dalam melakukan pekerjaan dengan system komputerisasi secara menyeluruh tersebar diseluruh koperasi di Indonesia. Dengan tercapainya pembentukan system koperasi yang lebih baik serta modern maka bukanlah hal yang sulit lagi bagi koperasi untuk terus ada atau bertahan dan berjaya ditengah era globalisasi atau perkembangan zaman yang semakin maju setiap saat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar