Selasa, 06 Mei 2014

Aspek Hukum Dalam Ekonomi




Wajib Daftar Perusahaan dan Akibat Hukumnya Di Indonesia

Rindito Hermawan Susetyo, Budihato
Simple.dito@yahoo.co.id
Jurusan Ilmu Hukum, Fakultas Hukum, Universitas Dipenegoro
JL. Prof. Soedarto, SH. Tembalang Semarang, 50239,Telp :024-76918201 Fax : 024-76918206

Abstract
How does the implementation of company registration in Indonesia and sanctions if the company does not carry a list of companies. This study aims to determine the varius technical aspect of the company and some of the sanctions list will be made if the company does not carry out the provisionsof companyregistration and determine government policies encourage companies list.


 Pendahuluan

    Negara kesatuan Republik Indonesia merupakan Negara yang berasaskan pancasila yang di dalammnya mencakup berbagai aspek kehidupan bernegara dan bermasyarakat. Negara yang diwakili oleh pemerintah merupakan sector kunci yang megatur segala hal mengenai perekonomian dan pembangunan nasional yang mengacu pada pancasila dan UUD NRI 1945  dengan menitikberatkan pada kesejahtraan masyrakat dan stabilitas perekonomian Negara.  
     Perusahaan-perusahaan banyak berkembang di Indonesia banyaknya sumber daya alam (SDA) dan sumber daya manusia (SDM) yang berlimpah Dalam perkembangan ini banyak investor yang tertarik dikarenakan SDA dan SDM mutu yang bagus dan melimpah.
Arti pentingnya wajib daftar perusahaan bagi dunia usaha maupun pemilik perusahaan, antara lain :
1.     Dengan pendaftaraan yang terbuka dan diketahui oleh umum, akan mendorong banyak pengelola perusahaan – perusahaan yang bersangkutan selalu dalam keadaan bonafit dan mempunyai kinerja yang baik dan sehat.
2.     Dengan pendaftaran yang terbuka, berarti perusahaan mengikutsertakan pihak luar untuk ikut mengawasi jalannya perusahaan agar dapat selalu terpelihara sebagai perusahaan yang sehat dan baik
3.     Denganpendaftaran tersebut, keberadaan dan kinerja perusahaan dapat diketahui oleh umum.

peneliti ini merupakan arah dan penjabatan strategis terhadap fenomena yang muncul dalam peneliti, kemudian dirumuskanlah tujuan dari peneliti ini adalah sebagai berikut :
1.untuk mengetahui pelaksanaan pelaksanaan wajib daftar perusahaan di Indonesia dan dapat mengetahui sanksi – sanksi apabila suatu perusahaan tidak didaftarkan
2. untuk mengetahui kebijkan yang diambil pemerintah dalam mendorong dilaksanakan wajib daftar perusahaan.

Metode :
Metode pendekatan yang dipegunakan dalam penelitian hokum ini adalah metode pendekatan hokum yuridis normatif.  Segi yuridis normative dalam penelitian ini adalah peraturan-peraturan yang digunakan untuk penyususnan skripsi.

Daftar Pustaka
Abdulkadir Muhhamad,  Hukum Perusahaan Indonesia, Bandung : PT Citra Aditya Bakti
Departemen Perindustri dan perdagangan Republik Indonesia, Pelaksana Pendaftaran
Perusahaan, Jakarta : Bina Usaha dan Pendaftaran Perusahaan Dinas Perindustrian dan perdagangan, 2007 F.X
Soebijanto, Perancanaan Riset dan Stateginya Kursus Penyengaran Metologi Penelitian bagi dosen- dosen, Undip, 1980

Nama Kelompok :
Andi Arista Pancani (20212758)
Agus Riyantini (21212914)
Anggita Maylanie R (20212398)
Dea Evi Marista (21217239)
Kelas : 2EB08
 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar