Jumat, 31 Oktober 2014

KARTU FLAZZ BCA KINI DAPAT DIGUNAKAN UNTUK TRANSAKSI PERJALANAN KRL

Sebagai wujud komitmen peningkatan pelayanan kepada pengguna jasa KRL, PT KAI Commuter Jabodetabek (KCJ) bekerja sama dengan PT Bank Central Asia Tbk (BCA) mengimplementasikan penggunaan kartu bank sebagai salah satu alat transaksi untuk melakukan perjalanan KRL. Kerja sama yang melibatkan kartu Flazz BCA ini dimulai sejak tanggal 8 Desember 2013.
Untuk dapat menggunakan Kartu Flazz sebagai tiket Commuter Line, pengguna jasa harus melakukan aktivasi terlebih dahulu pada perangkat balance reader yang tersedia di Stasiun Dan selanjutnya kartu Flazz BCA dapat langsung digunakan untuk melakukan tap in pada seluruh gate yang tersedia di Stasiun KRL Jabodetabek. Aktivasi hanya perlu dilakukan satu kali pada saat kartu flazz BCA akan digunakan untuk perjalanan KRL pertama kali.
Sebelumnya, sejak e-ticketing dan tarif progresif diterapkan secara menyeluruh pada 1 Juli 2013, pengguna jasa dapat menggunakan pilihan tiket harian berjaminan (THB) untuk tiket satu kali perjalanan atau Kartu Multi Trip (KMT) untuk tiket berlangganan, saat ini sekitar 55 persen pengguna jasa telah menggunakan KMT, diharapkan dengan hadirnya Flazz BCA yang dapat digunakan untuk perjalanan KRL dapat terus meningkatkan jumlah transaksi tanpa uang tunai.
Menurut Direktur Utama PT KCJ, Tri Handoyo, “Pada prinsipnya seluruh ketentuan yang akan diberlakukan pada kartu Flazz tidak berbeda dengan KMT, untuk dapat melakukan perjalanan KRL pengguna jasa harus memiliki saldo minimal Rp 7.000,- ,selanjutnya besaran pinalti Rp 7.000,- dan suplisi Rp 50.000,- juga akan diberlakukan pada pengguna jasa yang memakai kartu Flazz BCA jika ada pelanggaran yang dilakukan saat menggunakan jasa KRL”.
Perbedaan signifikan antara KMT dan Flazz BCA hanya terdapat pada cara pengisian saldo. Untuk melakukan isi ulang pengguna kartu Flazz BCA tidak dapat melakukan transaksi isi ulang di loket Stasiun Jabodetabek. Isi ulang saldo pada Flazz BCA dapat langsung dilakukan pada ATM Non-tunai BCA serta merchant bertanda Flazz Isi Ulang.
Penerapan E-Ticketing dan Tarif Progresif kini membawa penambahan jumlah penumpang secara signifikan. Setiap harinya terdapat sekitar 600.000 transaksi pada perjalanan KRL di Jabodetabek. Sejalan dengan target pada KRL Jabodetabek untuk dapat mengangkut 1,2 juta penumpang per hari pada tahun 2019, PT KCJ juga mengakomodir peningkatan jumlah penumpang dengan menjalankan program pengadaan armada KRL. Sejak tahun 2008 s.d 2013 PT KCJ telah membeli armada KRL sebanyak 488 unit sehingga total kekuatan armada KRL Commuter Line saat ini sebanyak 798 unit. Selain dari sisi sarana dan prasarana, peningkatan pelayanan juga akan terus dilakukan PT KCJ selaku operator KRL Commuter Line.
Tri Handoyo menambahkan “untuk meningkatkan pelayanan kerjasama dengan sejumlah Bank akan terus dikembangkan seperti yang saat ini dilakukan melalui Flazz BCA sehingga diharapkan transaksi pada perjalanan KRL menjadi semakin mudah, cepat, praktis, nyaman dan memperkecil resiko yang mungkin terjadi pada penggunaan uang tunai".

Kedepannya PT KCJ juga berharap semakin banyak pengguna jasa yang menggunakan kartu berlangganan baik KMT maupun Flazz BCA karena selain mudah diperoleh penggunaan kartu berlangganan juga menjadikan perjalanan KRL lebih praktis lantaran pengguna jasa tidak perlu lagi antri di loket setiap akan menggunakan KRL.

Sumber :http://www.krl.co.id/BERITA-TERKINI/kartu-flazz-bca-kini-dapat-digunakan-untuk-transaksi-perjalanan-krl.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar